Header Ads

Adab Sopan Santun Negara Jepang Yang Patut Di Contoh Orang Indonesia

    budaya pejalan kaki di jepang (http://www.hipwee.com)

Seperti yang kita tahu Jepang adalah negara yang memiliki tingkat kesopanan yang paling bagus. Negara Jepang memiliki masyarakat dengan kesadaran yang cukup tinggi mengenai kesopanan, kebersihan lingkungan dan juga keramah tamahan dengan sesama. Seperti halnya di Indonesia, Jepang juga memiliki tingkatan bahasa ketika kita sedang berbicara dengan yang lebih tua maupun berbicara dengan bahasa yang lebih muda. Di Jepang, orang sangat mencintai bahasa mereka sendiri jadi tidak ada istilah bahasa gaul di Jepang. Orang Jepang sangat menghargai orang lain dan juga kebersihan lingkungan. Mereka suka jika orang memperhatikan keadaan sekitar dan tidak sembarangan dalam membuang apa pun termasuk sampah.

Beginilah adab sopan santun Negara Jepang yang bisa di contoh oleh orang Indonesia :

  1. Budaya Membungkuk
                                        budaya membungkuk (http://www.akibanation.com)

Inilah budaya turun temurun yang di lakukan oleh orang jepang pada umumnya. Jika mereka menyapa teman, orang tua, atau siapapun mereka akan membungkuk dan juga ketika mereka mengakhiri pembicaraan dan hendak akan pergi pun mereka membungkuk. Budaya membungkuk di lakukan untuk menghormati orang lain, karena orang jepang sudah terbiasa dengan budaya seperti itu mereka dengan mudah menghormati siapa saja baik yang dikenal maupun tidak dikenalnya.

     2  Makan dengan Sumpit

                                            makan dengan sumpit (http://www,j-cul.com)

Salah satu keunikan orang jepang adalah makan dengan menggunakan sumpit. Apapun makanannya mereka selalu menggunakan sumpit baik makan nasi dengan lauk nya seperti chicken katsu, dan juga makan nasi putih selalu menggunakan sumpit dan mereka terbiasa menggunakan sumpit sejak masih kecil. Salah satu makanan kegemaran orang jepang yaitu mie ramen dan mie udon juga nikmat bila di sajikan dengan sumpit.

     3. Dilarang Berbicara Keras di Tempat Umum

                                dilarang berbicara keras di jepang (http://www.livejapan.com)

Orang jepang sangat memperhatikan etika, dan nilai-nilai kesopanan tentunya. Di jepang berbicara keras atau berteriak di depan umum di anggap tidak sopan karena bisa mengganggu kenyamanan dan ketertiban orang lain tentunya. Orang yang berbicara keras di tempat umum bisa merusak suasana dan mengakibatkan orang tersebut menganggap seseorang tersebut buruk dan tidak punya sopan santun.

       Budaya Disiplin dan Tepat Waktu

                                   budaya tepat waktu di jepang (http://www.waktu.web.id)

Di jepang orang sangat menghargai waktu dan ketertiban. Contohnya seperti masuk kerja semisal mulai jam 7 pagi dan para pegawai sudah harus datang sebelum jam 7. Tidak ada istilahnya menunggu-menunggu terlalu lama. Jika di Indonesia sebagai contoh akan mengadakan rapat atau seminar jam 9 pagi misalnya, namun tetap saja budaya jam karet tetap di pertahankan. Di jepang tidak bisa seperti itu jika sudah tepat jamnya acara akan dimulai dan tidak ada toleransi menunggu.

      Ketika Buang Angin Harus Izin Keluar

                                       buang angin harus menjauh (http://www.kaskus.us)

Orang jepang ketika ingin buang angin mereka akan pergi keluar sejenak mencari tempat yang sepi dan tidak ada orang lain sama sekali. Karena jika buang angin sembarang maka akan dianggap orang tersebut tidak sopan dan memiliki etika yang buruk di mata orang jepang. Itulah kenapa orang jepang sangat sopan sekali sehingga memperhatikan hal-hal yang kecil hingga yang besar.

      6 Tidak Boleh Menggunakan Telepon Saat Berkendara

                                     etika berkendara di Jepang (http://www.livejapan.com)

Inilah bagusnya budaya jepang, tidak menggunakan telepon saat berkendara karena dapat membahayakan nyawa orang lain dan juga menganggu ketertiban umum di jalan raya. Yang terpenting tidak menggunakan telepon selama berkendara dan juga ketika sedang berada di bus maupun kereta api untuk menjaga ketertiban umum di jalan raya.

      7 Membuang Sampah Sesuai Pada Tempatnya

                        etika membuang sampah di Jepang (http://sayasukajepang.blogspot.com)

Di jepang, masyarakatnya mampu menjaga kebersihan lingkungan dan hal tersebut berkat kesadaran masyarakat Jepang itu sendiri. Jika tidak menemukan tempat sampah maka akan di simpan dalam kantong atau dibawa terlebih dahulu kemudian ketika menemukan tempat sampah mereka akan membuangnya. Jangan khawatir karena ada petugas sampah yang siap memungut sampah yang berbeda setiap hari.


No comments

Powered by Blogger.