Header Ads

Meet AYA : First Japanese Lady Grunge



Bermula waktu gue udah mendalami musik grunge secara keseluruhan dan gue kenal sama band-band yang beratasnamakan grunge meskipun mereka adalah band yang bermain di jalur alternative rock di tahun 90an. Gue mengenal band-band seperti Pearl Jam, Silverchair, Nirvana, Foo Fighters, dan BUSH mereka semua adalah band yang berasal dari Amerika nih, negaranya para bule berkumpul. Kali ini kita terbang ke negeri Sakura alias Jepang, disini akan gue ceritain gue menemukan seorang yang perempuan dan dia benar-benar anti mainstream sebut saja AYA.

Pada awalnya gue iseng-iseng liat di youtube gue coba search "japanesse grunge" muncul beberapa video banyak sekali namun setelah gue liat beberapa, ada video musik rock yang memikat gue pertama kali gue denger lagunya AYA judulnya "Sentaku no Asa" dan ee buseet soundnya bener-bener grunge ala 90an. Dalam hati gue gile juga keren nih cewek bisa mainin grunge dan kalau nyanyi lagu bahasa inggris suaranya mirip bule. Si AYA ini pernah bawain lagu judulnya "Overnight" untuk ngisi soundtrack anime Le Chevalier D'Eon di Jepang. 

Karena background dia yang agak ngepunk dan ngegrunge dia sempat dropout dari sekolahnya pada umur 15 tahun karena bosan dengan sekolah dan beberapa teman-temannya , tuh bayangin aja gimana nggak antimaenstream si aya ini benar-benar beda dengan perempuan lain pada umumnya. Namun dengan Drop Out nya dia dari sekolahan membuat dia harus bisa bertahan dari kerasnya dunia ini. Dia awalnya ngamen dan sampai akhirnya punya band dengan menggunakan nama AYA. Hebatnya ni cewek bisa apa aja drum bisa, vokal bisa, gitar bisa, piano bisa. Namun ketika dia manggung dia di bantu oleh beberapa additional player yang handal di Jepang.

Pertama kali AYA bermain musik karena dia dapat pengaruh yang kuat dari band Nirvana. Setelah drop out dan dia meninggalkan rumah, dan mulai mencoba ngamen di beberapa kafe kemudian ada tawaran audisi vokalis untuk band pop, lalu dia mencoba dan menang. Lagu pertama yang di buat oleh AYA berjudul "HANDS" mampu mengikat hati para produser dan beberapa musisi grunge ternama yang ada di Amerika Serikat. Yang hebatnya ini sampai produser sekaliber Adam Kasper yang memproduseri Soundgarden dan Foo Fighters takjub dengan lagu-lagu AYA dan ingin memproduserinya. AYA menerima tawaran itu dan dia terbang ke Seattle yang merupakan kota tempat lahirnya genre yang disebut grunge ini.


Hampir semua lagu-lagu AYA gue dengerin semua di youtube memang agak sulit mencarinya. Kalau nggak karena youtube mungkin gue ngga tau AYA. Dan juga mau di download di luar youtube kaga bakal ada. Buat kalian yang penasaran gimana sih lagu-lagunya si cantik dan sexy AYA ini, gampang kalian cukup ketikan keyword di youtube "skigh" itu adalah youtube milik user yang pada awalnya gue tahu AYA dari user itu ada sekitar 30 lebih lagu-lagu AYA yang bisa kalian dengan dan juga ada video musicnya seperti lagu HANDS, Miss Rock and Roll, Sentaku No Asa, dan Kinjirareta Uta semuanya kereeen videonya ngga rugi kalau mau lihat.


Gue kenal AYA juga dari tahun 2017 dan ngga rugi nikmatin musiknya ada musik yang slow, agak keras, dan yang hard beat pun juga ada. AYA termasuk musisi yang genius dan pintar menulis lagu dan membuat nada-nada yang asik. Sayangnya nama AYA sekarang sudah tidak ada karena dia sempat hiatus alias vakum lama sekali lantaran sibuk dengan kehidupannya. Namun belakangan ini AYA muncul kembali dengan project barunya yang di namakan CruelShe. Kalau ingin tahu seperti apa AYA yang sekarang kalian bisa search di youtube user "CruelShe" dan kalian bisa langsung menikmati video-video yang sudah dia upload tentunya.

Beberapa lagu favorit gue seperti We, Sentaku No Asa, May Day, Misui, Who's Loving You, Baghdad Sky, Rojou No Kage (Shadows on The Road), Angerica, Saga tetap menjadi favorite gue ketika dengerin si AYA

Ni beberapa video dari AYA yang bisa kalian nikmatin kalau kalian ini mendengarkan dan pengen tahu gimana sih lagu-lagunya si AYA :

AYA - Sentaku No Asa



AYA - Miss Rock N Roll


AYA - HANDS



AYA - Kinjirareta Uta






















Dan ini ketika dia manggung di suatu acara, setelah vakum lama sekali dan kemudian dia kembali dengan project barunya yang di beri nama CruelShe





2 comments:

  1. baru dengar nama aliran grunge, musik rock gitu ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya gan salah satu musik yg akarnya dr musik rock, grunge ini sbnernya alternatve rock yang di campur dengan sound° underground yang cadas,, grunge istilh yg diberi media krn musik itu menggambarkan musik yg keras dan berteriak...punggawa musik grunge yg paling terkenal kurt cobain dr nirvana

      Delete

Powered by Blogger.