Header Ads

Mau Lancar dan Aman Ketika Menyetir,, Begini Caranya


Banyak orang yang sudah mengikuti kursus-kursus dalam menyetir namun masih takut menyetir sendirian, hal tersebut di karenakan keragu-raguan seseorang dalam menyetir karena takut tergores, takut nabrak, takut pengendara yang lain, takut tidak bisa parkir dengan benar dan juga takut menyebrang...karena di sugesti dengan rasa takut yang teramat dalam, sehingga takut untuk memulai dan berbuat, hal tersebut lah yang akhirnya membuat mental menjadi down. Inilah cara-cara agar anda menjadi berani dan lancar dalam menyetir :

1. Berdoalah sebelum berkendara, jangan lupa pamitan dengan orang tua ketika akan pergi ke suatu tempat ketika berkendara agar aman dan tidak terjadi hal-hal yang riskan.

2. Ingatlah selalu standar prosedur sebelum berkendara, seperti mobil matic (AT) harus mengijak rem terlebih dahulu sebelum starter mobil dinyalakan, posisi harus berada dalam keadaan parking (P), mulai dengan menarik hand rem dan memindah posisi ke Down (D), untuk mobil manual (MT) mulailah untuk menstarter terlebih dahulu, lalu menginjak kopling,, tarik hand rem lalu pindahkan ke gigi 1...hal yang perlu di ingat di sini kopling harus dilepaskan perlahan-lahan, jika terlalu cepat maka mesin mobil akan langsung mati.

3. Tetap dalam keadaan tenang dan tidak panik dan selalu waspada dengan sekitar, pandangan selalu fokus ke depan, kiri, kanan, dan belakang. Menyetir tidak boleh dalam keadaan mabuk atau sedang marah karena bisa membahayakan penumpang yang dibelakang.

4. Ikuti semua aturan-aturan lalu lintas, baik ketika akan belok dan juga menunggu traffic light,, dahulukan orang-orang yang menyebrang jalan, kurangi kecepatan saat ketika di perempatan,, ketika di traffic light meskipun lampu kuning menunjukan tanda hati-hati atau persiapan sebelum melaju, jangan langsung jalan berbahaya, lebih baik ketika hijau baru sudah boleh jalan.

5. Ketika akan belok dan menyebrang segera kurangi kecepatan dan patokannya setelah menuju jalan belokan langsung putar setir kira-kira 1m jaraknya, dan ketika menyebrang ini harus ekstra sabar karena banyak kendaraan-kendaraan yang melintasi jalan yang akan anda sebrangi, ketika sudah agak sedikit masulah secara perlahan-lahan begitu terus seterusnya insya allah aman.

6. Ketika akan menyalip mobil, kecepatan mobil harus di kurangi terlebih dahulu dan lihat ke arah yang mau di salip, jika sepi langsung tambah gas dan saliplah mobil tersebut, ingat jangan pernah ragu dalam menyalip mobil, setelah nyalip jangan langsung belok tetapi anda harus memahami jarak seberapa antara body mobil dengan mobil yang anda salip agar tidak terjadi goresan pada mobil.

7. Ketika parkir perhatikan 3 spion kiri, kanan, dan belakang terutama fokus dengan spion belakang, perhatikan jarak ketika akan mundur,, agar bisa masuk ke dalam garasi atau tempat parkir, jangan hanya sekali putaran hal itu terkadang bisa namun sangat mepet ketika dipraktikan, jadi sebaiknya ketika mundur tapi di rasa masih mepet maju lagi baru mundurkan lagi.

8. Ketika di tanjakan jika di rasa terlalu berat gunakan D1 - 2 - 3 untuk matic dan L untuk di jalan yang terlalu tinggi, sedangkan untuk manual gunakan gigi 4 untuk di tanjakan, jika di tanjakan untuk mobil manual usahakan kopling dan gas harus selalu seimbang karena jika mesin mati bisa berbahaya.

9. Setelah selesai berkendara, perhatikan standar prosedur jangan langsung asal mematikan starter, pindahkan dari D - R ke P untuk matic, lalu tarik perseneleng atau hand rem tekan tombolnya agar tarikan halus, matikan ac dan matikan starter.

Itulah tips-tips yang bisa saya berikan untuk anda, supaya memantapkan anda dalam berkendara dan yang masih takut di harapkan dengan membaca tips dari saya menjadi tidak takut lagi. Ingat lah selalu manusia hanya bisa berdoa dan meminta keselamatan namun tuhanlah yang mentakdirkan nasib oleh karena itu berbuat baiklah selagi mampu dan tetap berkendara secara baik dan tidak ugal-ugalan, tidak kebut-kebutan demi keamanan dan kenyamanan bersama.

2 comments:

  1. Terdengar agak rumuit ya mengendarai mobil, trutama bagiku yg sama sekali blum pernah belajar nyetir

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar gan, memang harus mencoba caranya gan supaya tau medan2 dan jarak2 nya sama ngatur gas sm rem juga..pepatah bilang practice makes perfect and never stop to learn something that can be usefull

      Delete

Powered by Blogger.