Header Ads

Masih Takut Pergi Sendirian...Ini dia Solusinya !!


Sobat blogger, kadang kala ketika kita ingin pergi ke suatu tempat menggunakan kendaraan umum baik itu dengan menggunakan angkutan umum, bis, kereta api, atau pesawat selalu saja dilanda perasaan was-was dan khawatir akan kehilangan sesuatu. Karena bisa jadi untuk mereka yang belum terbiasa atau yang sudah terbiasa pun juga terkadang merasa panik. Maraknya kasus-kasus seperti gendam, hynoptis, jambret kini sudah tidak asing di realita kehidupan kita. Lantas bagaimana agar kita bisa aman dalam bepergian sendirian tanpa ada yang menemani. Saya punya solusinya agar kita terhindar dari hal-hal yang tidak di inginkan, hal yang harus dilakukan :

1. Selalu berdoa sebelum bepergian kemana saja, dan jangan lupa minta doa restu dari orang tua, karena doa orang tua itu mustajab dan insya allah kita akan merasa aman dan tenang ketika berada jauh dari orang tua.

2. Jangan membawa barang terlalu banyak dan mencolok, bawalah barang seperlunya saja dan jangan membawa uang dengan jumlah yang banyak. Biasanya para ibu-ibu atau wanita yang suka menggunakan perhiasan mencolok dan juga tas yang terlihat mewah jadi sasaran gendam, hypnotis, dan juga jambret maka itu waspadalah. jika memiliki barang berharga sebaiknya membawa tas seperti hp, laptop dan elektronik lainnya agar aman.

3. Ketika sudah berada di suatu tempat entah menunggu atau sudah tiba di tempat tujuan jangan gelisah dan jangan panik, tetap fokus dengan barang-barang anda, jangan sampai ada yang tertinggal juga jangan suka melamun, atau suka ketiduran itu BERBAHAYA!! ,,saya sarannya untuk yang suka ketiduran sebaiknya sebelum berangkat minum kopi hangat insya allah kantuk akan hilang.

4. Jangan terlalu banyak bicara dan baik dengan orang disekitar kita, jika ingin bertanya boleh saja namun juga harus hati-hati, terkadang orang yang kelihatannya baik belum tentu baik, biasanya mereka baik karena ada sebabnya jadi tetap harus waspada.

5. Membawa obat-obatan yang secukupnya agar nanti ketika sakit di jalan, tidak khawatir, dan juga membawa obat seperti antangin, bagi yang suka mual atau pun muntah-muntah ketika di perjalanan.

6. Surveylah lokasi dengan bertanya untuk mendapatkan informasi baik dari teman anda, internet maupun jika kerabat anda, agar anda tahu hal-hal apa saja yang harus dilakukan dan yang tidak boleh dilakukan untuk meminimalisir resiko yang terjadi.

7. Ketika sudah sampai tujuan jangan lupa untuk memberi kabar dengan keluarga dan juga teman-teman anda, agar mereka yang tadinya was-was bisa sedikit lebih lega. Jika anda ingin agar orang lain tidak tahu lokasi anda, anda bisa menshare lewat sosial media dan juga bisa dengan bantuan GPS, untuk memudahkan anda menuju lokasi yang dituju.

8. Periksa bawaan anda, apa lagi dokumen-dokumen penting anda seperti kartu ktp, kartu atm, NPWP, SIM dan sebagainya, jika yang bepergian jauh ke luar negeri selalulah membawa paspor dan visa, taruhlah di tempat yang aman agar anda mudah menjangkaunya.

9. Ketika berada dalam keramaian selalu waspada dengan orang-orang di sekitar anda, tidak semua orang itu baik terkadang mereka mencuri dengan mengambil kesempatan dalam kesempitan, sekedar saran dari saya gunakanlah saku untuk meletakan dompet, dengan saku yang agak tipis sehingga akan terasa ketika ada orang yang merogoh-rogoh barang di saku.

10. Gunakan masker agar selalu aman, karena tidak semua orang itu sehat untuk mengantisipasi saja terutama ketika anda bepergian ke luar negeri hal ini wajib pastinya, karena untuk menghindari penyakit-penyakit dan resiko yang tidak di inginkan.

11. Kuatkan iman dan mental dan jangan gampang terpengaruh dengan sekitar terlebih lagi jika memiliki teman baru ketika berkenalan di suatu tempat, namun dia sudah berani mengajak anda ke tempat-tempat yang tidak baik, tolaklah dengan halus.

12. Ketika anda diberi sesuatu oleh orang yang baru anda kenal dan juga tidak anda kenal jangan gampang menerima, karena tidak semua orang berniat baik, tolaklah secara halus misalnya ; tidak, terima kasih, tidak, saya sudah makan/minum.

13. Jika bepergian ke luar negeri pastikan pelajari bahasa dengan baik, baik itu mau pergi ke Tokyo, Jerman, Inggris dan juga Amerika, meskipun anda tidak fasih tidak masalah asalkan anda bisa berbicara bahasa tersebut, dan juga siapkan alfalink atau siapkan kamus jika ada kata-kata yang anda tidak paham ketika ingin bertanya atau bahkan ditanya oleh orang tersebut.

Mungkin itulah tadi solusi-solusi yang dapat saya berikan agar perjalanan anda menjadi aman dan tenang ketika pergi sendirian, sebagai manusia kita hanya bisa mengharapkan keselamatan dan keamanan oleh karena itu jangan lupa berdoa dan beribadah, karena itu merupakan kunci dari keselamatan anda agar selalu aman di mana saja dan kapan saja.

No comments

Powered by Blogger.